Senin, 25 Oktober 2010

UNIT I KONSEP DASAR PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK



PENDAHULUAN
     Sering ada pertanyaan “siapkah Anda jadi guru?” Karena untuk menjadi guru banyak tuntutan yang harus dipenuhi. Mungkin Anda sudah memehami bahwa tugas utama guru adalah sebagai pengelola proses belajar mengajar. Tugas ini  ternyata tidaklah cukup ditunjang oleh penguasaan materi saja (what to teach), tetapi penguasaan bagaimana cara mengajarkan (how to teach) juga menjadi kunci keberhasilan Anda dalam pengelolaan proses pembelajaran. Sesungguhnya tugas guru mengelola proses belajar mengajar adalah berseiring dengan tugas mengembangkan potensi belajar peserta didik. Oleh karena itu, selain harus menguasai materi dan cara mengajarkan, Anda sebagai guru akan lebih berhasil bilamana didukung oleh pemahaman terhadap perkembangan belajar peserta didiknya.
Dalam proses pembelajaran kondisi awal siswa merupakan masukan (input). Kondisi siswa sebagai input ini sangat bervariasi dengan rentangan yang cukup panjang, karena siswa yang satu selalu berbeda dengan siswa yang lain, baik dalam  pengetahuan, pengalaman, sikap dan pola-pola perilaku yang telah tertanam sebelumnya. Di samping itu masukan dan pada perilaku ini juga dapat berupa status perkembangan siswa, baik dalam aspek mental (intelektual kognitif), fisik sosial maupun moral yang kesemuanya mempengaruhi tingkat keberhasilan atau pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah direncanakan, sehingga pengetahuan guru tentang hal ini menjdi mutlak diperlukan.
      Buku ini dikemas secara sistematis untuk dapat membekali Anda sebagai guru SD dan mahasiswa PGSD sebagai calon guru, untuk dapat memahami perkembangan anak usia SD dalam setiap aspeknya disertai upaya optimalisasinya dalam pembelajaran. Pada paket 1 ini secara khusus Anda akan diajak membahas tentang hakekat pertumbuhan dan perkembangan. Unit 1 merupakan bagian  awal dari buku, sehingga penguasaan materi tentang hakikat pertumbuhan dan perkembangan ini merupakan landasan bagi Anda untuk mempelajari dan mendalami materi-materi pada unit-unit  selanjutnya. Pada bagian pertama ini akan dibahas secara umum hal-hal yang berkenaan dengan pertumbuhan dan perkembangan, yang dalam pemaparannya terbagi menjadi tiga sub unit yaitu : (1) pengertian pertumbuhan dan perkembangan, hubungan dan perbedaan antara keduanya dan manfaat guru/ calon guru mempelajari perkembangan belajar peserta didik. (2) prinsip-prinsip yang dapat dipedomani untuk mempelajari pertumbuhan dan perkembangan (3) faktor genetik dan lingkungan yang dapat mempengaruhi perkembangan.
Setelah membaca dan membahas uraian tersebut Anda sebagai mahasiswa diharapkan dapat mencapai indikator-indikator keberhasilan yaitu dapat mendeskripsikan : Mendiskripsikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan, mendiskripsikan  prinsip pertumbuhan dan perkembangan dan mendiskripsikan kontribusi faktor genetik dan lingkungan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Unit 1 ini dapat Anda pahami secara optimal melalui kegiatan tatap muka dan kerja mandiri. Untuk keperluan tersebut unit ini dilengkapi dengan web. Pada akhir sub unit dilengkapi dengan tes formatif untuk melihat ketercapaian kompetensi yang diharapkan. Kunci dan rambu-rambu jawaban tes formatif disertakan pula pada akhir setiap Unit. Dengan demikian setiap pebelajar dapat mencocokkan jawabannya. Untuk melihat perkembangan mahasiswa atas tugas-tugas yang diberikan dalam buku ajar cetak ini evaluasi mata kuliah dapat dilakukan dengan menggunakan portofolio. 

Untuk mendownload materi unit 1 secara lengkap silahkan klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar