Senin, 25 Oktober 2010

UNIT 2 TAHAPAN DAN TUGAS PERKEMBANGAN


PENDAHULUAN

     Pada unit 1 Anda telah mempelajari apa arti pertumbuhan dan perkembangan dengan segala aspeknya serta prinsip-prinsip yang harus dipedomani dalam mempelajari pertumbuhan dan perkembangan. Pada unit 2 ini Anda akan diminta untuk mencermati lebih jauh tentang tahapan perkembangan pada setiap periode usia dan apa yang sering disebut dengan tugas perkembangan berserta aspek apa saja yang dapat menghambat dan mendukung proses perkembangan anak dalam menyesuaikan diri  dengan lingkungan. Anda  sebagai guru dan calon guru perlu meiliki pemahaman yang sama bahwa pengetahuan tentang  gambaran pola perkembangan yang tepat merupakan dasar untuk memahami anak-anak, dan memberikan stimulasi yang tepat untuk optimalisasi perkembangan melalui kegiatan pembelajaran. Selanjutnya  diperlukan pula pengetahuan yang mendalam tentang apa yang menyebabkan adanya perbedaan dalam perkembangan, agar lebih bisa  memahami setiap anak secara pribadi.
        Pemahaman terhadap tahapan dan karakteristik serta aspek yang mendukung dan yang menghambat anak menyelesaikan tugas perkembangan secara praktis dapat membantu guru, dalam beberapa hal yaitu ; pertama, untuk mengetahui apa yang diharapkan dari anak, pada kira-kira usia berapa diharapkan munculnya berbagai perilaku, dan kapan biasanya perilaku tersebut akan digantikan dengan pola perilaku yang lebih matang. Kedua, karena secara normal perkembangan anak mempunyai kecenderungan yang sama maka memungkinkan bagi guru untuk menyusun pedoman dalam bentuk skala tinggi-berat, skala usia-berat, skala usia-tinggi, skala usia-mental, usia perkembangan social dan emosional. Ketiga, dapat mengevaluasi apakah perilaku anak sesuai dengan harapan menurut norma usia tersebut. Keempat, Guru dapat memberikan bimbingan yang tepat yang harus diberikan dan bukan sebaliknya malah menghambat. Kelima, para guru dapat mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam membimbing perkembangan sesuai dengan harapan yang telah di rencanakan.
      Bahasan pada  sub unit 2  ini, bahasan akan dibagi secara sistematis dalam dua sub unit. Pada sub unit 1, Anda akan diajak bersama-sama untuk memahami  tahapan dan karakteristik perkembangan belajar usia SD, selanjutnya pada sub unit 2 akan dilanjutkan dengan pembahasan tentang  tugas-tugas perkembangan belajar anak usia SD, berserta  aspek – aspek  penghambat dan pendukung perkembangan belajar anak pada usia SD.
           Dua  sub unit tersebut diharapkan dapat membekali saudara dengan pemahaman yang komprehensif tentang tahapan dan karakteristik, tugas perkembangan, serta aspek-aspek pendukung dan yang menghambat perkembangan belajar anak usia sekolah dasar. Dengan demikian saudara setelah selesai mempelajari materi unit dua ini diharapkan dapat :
Mengidentifikasi tahapan dan karakteristik perkembangan belajar anak usia Sekolah Dasar
Menjelaskan tugas-tugas perkembangan belajar anak usia Sekolah Dasar, merumuskan aspek-aspek pendukung dan penghambat perkembangan anak usia Sekolah Dasar. Setiap sub unit akan dilengkapi dengan soal latihan, rangkuman dan tes formatif, untuk bisa Anda selesaikan secara mandiri, rambu-rambu jawaban tes formatif dapat Anda temui di akhir unit, untuk membandingkan jawaban saudara.  Selamat belajar dan mencoba.

lihat  materi lengkap unit 2 di sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar