Senin, 25 Oktober 2010

UNIT 5 PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK


PENDAHULUAN
Siswa dari SD Banyumanis terkenal selalu menang dalam setiap olimpiade matematika dan IPA. Sedangkan siswa dari SD Sidomukt selalu juara dalam lomba drundband. Sementara itu SD Selokerto juara UKS, dan SD Sinarputih terkenal sebagai juara pekan oleh raga dan seni. Setiap UN, maka tak satupun siswa dari SD Mentari yang tidak lulus. Bagaimanakah “atribut” yang melekat pada setiap SD yang disebut diatas, apakah atribut tersebut menunjuk pada keberhasilan pengembangan potensi peserta didik?.
Modul ini akan membawa anda untuk belajar bagaimana memperkembangkan potensi peserta didik. Oleh karena itu anda diminta untukmengingat kembali modul 3 tentang potensi perkembangan dan modul 4 tentang pengukuran perkembangan. Dari kedua modul tersebut akan mendorongan untuk mengaplikasikan kedalam cara atau metode memperkembangkan peserta didik.
Bagaimana mengembangkan potensi kognitif? Bagaimana mengembangkan Fisik peserta didik? Bagaimana mengembangkan Psikomotorik peserta didik? Bagaimana mengembangkan potensi perkembangan moral peserta didik? Bagaimana mengembangkan potensi perkembangan emosional peserta didik? Bagaimana mengembangkan potensi perkembangan sosial peserta didik? Bagaimana mengembangkan potensi perkembangan bahasa peserta didik? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dipaparkan dalam Unit 5 ini. Setelah mempelajari Unit 5 ini, secara umum Anda diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik untuk kepentingan belajar dan pembelajaran.
Secara khusus Anda diharapkan dapat :
1. Menjelaskan cara mengembangkan potensi kognitif peserta didik;
2. Menjelaskan cara mengembangkan potensi fisik peserta didik;
3. Menjelaskan cara mengembangkan potensi psikomotorik peserta didik;
4. Menjelaskan cara mengembangkan potensi moral peserta didik;
5. Menjelaskan cara mengembangkan potensi emosional peserta didik;
6. Menjelaskan cara mengembangkan potensi sosial peserta didik; dan
7. Menjelaskan cara mengembangkan potensi bahasa peserta didik;
Untuk mencapai kemampuan itu, unit yang terdiri atas tiga subunit ini akan membahas pengembangan potensi perkembangan kognitif, fisik dan psikomotorik, pengembangan potensi perkembangan moral dan emosional, pengembangan potensi sosial dan bahasa. Masing-masing subunit ini akan dilengkapi dengan ilustrasi yang berguna bagi Anda untuk membantu memahami prinsip dan cara memperkembangkannya. Media lain yang dapat anda gunakan untuk mempelajari prinsip dan cara memperkembangkan potensi peserta didik ini adalah LOM.
Agar dapat mempelajari isi unit ini dengan baik, bandingkanlah uraian unit dengan penyelenggaraan pendidikan di sekolah Anda. Selain itu, catatlah butir-butir penting dalam unit ini. Untuk memantapkan penguasaan Anda terhadap materi ini, kerjakanlah latihan-latihan dan tes formatif yang tersedia.
Potensi adalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan sehingga dapat berprestasi. Setiap manusia pasti memiliki potensi dan bisa mengembangkan dirinya untuk menjadi yang lebih baik. Kemampuan yang dimiliki manusia merupakan bekal yang sangat pokok. Berdasarkan kemampuan itu, manusia akan berkembang dan akan membuka kesempatan luas baginya untuk memperkaya diri dan mencapai taraf perkembangan yang lebih tinggi dengan meningkatkan potensi sesuai dengan bidangnya .
Mengembangkan potensi itu sendiri melalui proses yang dinamakan belajar karena dengan adanya belajar, maka peserta didik mengalami perubahan-perubahan mulai dari saat lahir sampai mencapai umur tua. Selain itu perlu latihan agar dalam meningkatkan potensi peserta didik itu sendiri tidak ada kendala dan bisa berjalan dengan lancar. Secara berturut-turut akan diuraikan dalam buku ini peningkatan potensi peserta didik yang meliputi peningkatan potensi kognitif, fisik, psikomotorik, moral, emosional, sosial dan bahasa.

LIHAT MATERI UNIT 5 SECARA LENGKAP DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar